Kemayunya Melayu, ST 12


ST 12 konon artinya Stasiun Timur No.12, ya itu alamat pada suatu nama jalan di Bandung. Minim dalam pemberitaan, tapi ST 12 tak dapat dikatakan tidak populer. Sepuluhan lagunya pada album perdana, Jalan Terbaik hingga ATSL (Aku Tak Sanggup Lagi) mempunyai pemerataan warna lagu. Strategi inilah yang menjadi ciri khas ST 12, di saat band2 lain hanya mempunyai satu, dua lagu andalan. Coba simak saja Andra & The Backbone mengandalkan Sempurna, Yovie & Nuno dengan Menjaga Hati, Nineball dengan Hingga Akhir Waktu, Drive dengan Bersama Bintang, Matta dengan Ketahuan, Merpati Band dengan Tak Selamanya Selingkuh itu Indah, Angkasa Band dengan Jangan Pernah Selingkuh, dan lainnya.

ST 12 mengkonsep albumnya ini sebagai easy listening, tidak berarti membuat lagu ini gampang dan gampangan. Peterpan, sesama band dari Bandung juga mempunyai strategi yang sama untuk menembus pasar. Tidak mengandalkan satu lagu, sebenarnya justru pekerjaan yang sulit, melihat sulitnya membuat satu lagu yang bagus, apalagi harus berkualitas merata begini.
Masih membingungkan strategi? Luna Maya malah sudah memutuskan menjadi model video klip ST 12. Makanya jangan gosip aja yang dipikir, jelas dulu itu Luna Maya membintangi klip Peterpan dengan analisis yang tajam bukan? Two thumbs up untuk analisis Luna Maya! Bila Peterpan mengusung karya2 Ariel yang sarat dan sangat berpengalaman dengan warna musik ‘trance’, maka ST 12 dengan jeli memanfaatkan ‘cengkok melayu’. Hah? Apa itu ‘cengkok melayu’?

Menjelaskan ‘cengkok’ melayu sebenarnya adalah hal mudah, karena cukup dengan solmisasi. Masalahnya justru muncul karena ‘cengkok’ adalah istilah khas dari timur. Kamus mengartikan sebagai crooked juga twisted, sama sekali bukan istilah musik. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2002) malah menambahkan artinya sebagai irama lagu, lah itu kan tempo dan ritme, musik modern memisahkannya dengan nada. Sementara istilah ‘cengkok’ sudah demikian populer, ini mengindikasikan ‘solmisasi’ sangat kurang tersosialisasikan.

Bagaimana di aras ‘akar rumput’? Lihat saja video ini, OM Sera yang terkenal di Jawa Timur, membawakan ‘Aku Masih Cinta’nya ST 12 dengan fasih di kota markasnya Gresik. Cengkok melayu telah membangun chemistry, apalagi pada lagu ‘Kepedihan Jiwa’ diawali dengan kata ‘sinaran’. Ini di Gresik, Jawa Timur, bagaimana dengan Banjarmasin, Kalimantan Selatan? Sama saja!

Bila di aras akar rumput ST 12 merambah tanpa masalah, bagaimana di blogosphere? Cukup memprihatinkan! Ketika redaksi KBBI membingungkan para blogger, maka yang terjadi adalah kebingungan dan debat kusir. Masih ditambah dengan memandang sebelah mata pada ‘solmisasi’, maka kelihatannya dunia blogosphere tinggal menunggu waktu munculnya blogger.jr.jr, seperti cucu2 jawatimuran ini. Mereka belajar musik sejak kecil, karena ibunya blogger musik yang ‘gendeng2an‘!
Jadi ingat adik2 paman waktu kecil, suka belajar ‘solmisasi’ di kamar mandi, jadilah yang antri mandi makin bete, karena buru2 masih dikasih bonus ‘solmisasi’! Macam2, mulai Garuda Pancasila sampai Halo2 Bandung, sol sol do do re re mi . . . :P

Perhatikan cengkok melayu sederhana pada dua kata awal lagu ini, kau rinduku, notasi 7>1 -1 -7 7>1, solmisasi si>do do si si>do, ya cengkok sederhana itu pada si>do. Sebelum sampai pada cengkok melayu rumit ala Iyeth Bustami, sepertinya perlu dibaca dulu arti kata ‘slide’ pada buku The New Grove
Dictionary of Music and Musicians, 2002. Atau kasus malingsia biar terulang!

Aku Masih Sayang, ST 12

Pepep (drum), Iman Rush (guitar), Pepeng (guitar)
Charly Van Houtten (vokal)

Do = A

E A
7>1 -1 -7 7>1
kau rinduku
– – – – – – – – – C#m
jiwaku indah memanggil dirimu
– – – – – – – – – -D
mataku terbangun untuk menanti
– – – -A
menantimu

jangan pernah
kau ragukan cinta yang sesungguhnya
itu bisa menghancurkan semua
bukan begitu

-D – – – – – – – – -E
aku sungguh masih sayang padamu
– -C#m – – – – – – – – F#m
jangan sampai kau meninggalkan aku
– D – – – – – – – – E – – – – – – A
begitu sangat berharga dirimu bagiku

dan ku pastikan setia dihatimu
dan ku korbankan semuanya untukmu
sungguh kuberharap kaupun begitu padaku

F#m – – – – – – – – D – – – – – – – – – E – – – – A
coba engkau rasakan cinta yang begitukan mengesankan
F#m – – – – – – – – D – – – – – – – – -E
yakin pasti dapatkan kemesraan yang penuh bintang

About these ads

141 Responses

  1. mungkin makna cengkok di kbbi lebih tepat kalau “belok atau kelok” maksudnya sih kelokan solmisasi
    kalau cengkok sunda juaranya ya neng tike extravaganza, karena dia semua lagu pasti jadi lagu sunda di akhirannya

  2. @ iway: iya tike suruh cepet rekaman :P

  3. aku senang ma st 12 karna lagunya “aku masih sayang” alna lagu ntu nyentuh banget di hati aku dan aku rasa aku bakaln selamanya suka ama lagu ntu dan gak ada bosan bosan nya deh dengerinnya…

    apalagi suara vocalnya,drumnya, pokoknya semua keren n sempurna di mata aku yagh siapa tahu di mata ornga st 12 ntu gak ada keren keren nya pokoknya di mata aku keren degh

    aku akan terus dukung musik-musik yang ada di indonesia….

  4. Ciiieeee… kangmas, wajah baru nihhh yeee… :D

    btw, aihhh, another lagu kemayu2… :) … well, ok dech, kalo lagu ini doang sich masih bisa ditorelir lah, terutama karena Lagunya memang enak didengar, terlepas dari kata2nya, yang belakangan ini menurut saya sudah semakin mengarah ke “kemayu”… ndak macho lagi…

    Cinta khan tidak selamanya harus dinyatakan dengan cara yg “kemayu” atau “menye-menye”… walaupun balik lagi ke asumsi bahwa ada banyak ragam manusia didunia ini, dengan beragam cara/tigkahpola dalam mengungkapkan perasaannya… sama seperti saya, boleh dong gak suka laki2 yg “kemayu”…

    Tapi SETUJU SEKALI bahwa lagu indonesia sedang menjadi tuan rumah dinegeri sendiri. SENENG BANGET!!!… cuma ndak tahu yah, rasanya pengen sekali denger pemuda2 bangsa ini mengagung2an WANITA tanpa terkesan/terdengar “kemayu”…

    EHHH, tapi jujur ding… bagian Reff lagu ini ENAKKKK GILAA, hahahahhaa… jadi ikutan senandung2 deh :D

    Makasih ya kangggg…

    Silly

  5. ed@n silly, laki2 mana ada yang tahan :P

  6. CHAYOOO WAT ST12

  7. aku suka cengkoknya penyanyi dangdut cewek…duh siapa tuh yg punya kumis tipis ?

    tapi ehem cengkoknya siti nurhaliza aku juga suka

  8. @ mercuryfalling :
    . . sudah di barat masih berselera timur juga ya . .
    . . iya . . . orang barat kurang mengenal ‘cengkok’
    . . apalagi menyanyikan . . apalagi menciptakan . .
    . . he3 . . . mereka taunya cengkok itu eksotisss ajah
    . . pasti mereka melihat mbak dian juga eksotis ;)

  9. Gung tau krungu lagune Bess……

  10. @ may :
    . ayo may . . . masa kalah ma orang tua . . . .
    . tanya mbak silly . . . lagunya asik punya . . . .
    . secara kita itu orang melayu juga . . . . ;)

  11. melayu kemana Bess? Wong saya ki jam kerja gini hari nguantuk banget…
    simbelink gimana kabarnya bess? saya jadi males bertandang ke tempat prakteknya…
    Eh anakragilwedokmu habis mampir ke rumahku lho….
    bener2 kayak anak hilang dia…
    Hobi ngeluyur.. he..he…

  12. ealaaaaah..tak pikir melayu sing isuk2 trus mangan bubur ayam kuwi Bess……hehehehe…………..

  13. wah blm pernah denger jg bess, katro?? yo ben :P
    suwun bess ucapane, hadiahe disimpen disit yoooo

  14. @ may : waaa . . siwi ngrepoti mbakyune yaa . .
    . ojok disangoni lho may . . . wis sugih mblegedu arek iku :P

    @ endang : he3 . . . gak isa langsing2 lek melayu sing iku . .
    . lha wong melayu cek sehat langsing . .
    . lha kok langsung sarapane bubur ayam . . ngantuk, turu . .
    . ngurangi sak kilo . . . tambahe limangkilo . . . :P

    @ kenny : hlah lha wong suguhan jajane mbok entekna dewe..
    . lek hadiahe ojok kuwatir . . . tak simpen gae ulang tahun . .
    . tahun ngarep . . . :P

  15. [...] seorang Slanker membawa serta bendera SLANK di konser ST12 yang kemayu, itu tentu bisa diartikan betapa dalamnya rasa cinta dia kepada SLANK sampai-sampai meski yang [...]

  16. wah kuper bener. ndeso tenan. saya ndak tahu apa itu st12. tahunya ya di sini. walah.

  17. walah . . .malah paman yang kesini . . . .
    saya malah abis ubek2 blognya paman . . .
    pake ‘search’ juga nggak ketemu2 . . . .
    itu lho . . . . saya pernah baca . . paman mensolmisasikan . .
    klo nggak denting pintu lift . . . ato denting pengumuman di pusat2 keramaian . . klo nggak salah do mi sol do . . .
    lha ini kan karena ternyata . . banyak blogger nggak melek solmisasi . . . jadi sebenarnya nggak paham tulisan paman itu . . . woke paman, makasi mo baca2 disini . . . :)

  18. Gak tak sangoni kok bess… mek takkon makan sayur bobor sama sambel, neng gak doyan sambel. Pantes tetep cilik ae arek iku!

  19. baru tau kalo paman tyo juga pernah belajar nyanyi. tapi kok untungnya ya ndak nyanyi beneran. apa ndak pada takut kalo dia nyanyi. lha gedene sak hoha tur nggilani gitu je… :)

  20. @ cak ipul: . . . apa iya . . . . mulane awakmu kok keder . . :P

  21. Wah baru tau aku kalo ST12 dari bandung. Hahahaha, aku sukanya toto bess ga suka ST12
    bess, kapan menyang BSD kie.. raja kepiting yuk bes. tito kae angel je mangan’e.

  22. lho… kirain ebess mau omongin bakal mantu. nggak taunya es teh…

  23. @ balibul: kepiting bul!? . . . . waduh, selera kita sama
    . anehnya gita kok nggak ya . . . padahal dia anak pantura . . :P

    @ mpokb: iye mpok . . . mending omongin bakal mantu ya . .
    . . daripada es teh (ST 12) hehehehe . . .
    . . tapi apa berarti mpok suka CAFFEIENE yang juga dari Bandung itu . . bagus tapi kok lama nggak kedengaran . . :)

  24. Bes, bukannya enakan yang judulnya “aku masih sayang”

  25. Bess, aku mau dong ada yang nyanyiin lagu itu buatku :p

    Btw, belajar solmisasi itu gimana caranya? Biar nanti kalau aku karaokean pas sama nadanya. Hihihihihi…

  26. @ evi: ATSL maksudnya? ya tinggal kesan pertama aja :P

  27. @ dian: solmisasi? gampang! ganti syair dengan doremifasollasi :P

  28. nek urusan dangdut melayu ngene ki sampeyan kudu meguru nang bangsari :d

  29. kenapa… kenapa… ada yg nanyain ya kang, ohhh mbak mayssari yach… sini mbak aku nyanyiin…

    jreng…jreng….:

    aku sungguh masih sayang padamu
    angan sampai kau meninggalkan aku
    begitu sangat berharga dirimu bagiku

    dan ku pastikan setia dihatimu
    dan ku korbankan semuanya untukmu
    sungguh kuberharap kaupun begitu padaku

    Tuhhh… udah denger belum mbak???… bagus khan suara saya, hahahha… gimana kang, pitch controlnya oke khan???

    Ahahakahakhakahkahakhakahak… :))

    eh, mo ngsih tahu doang, rumah lama udah update, rumah singgah sementara juga baru update… mampir dongggg….

    ini yg rumah singgah sementara:
    http://silly4ever.dagdigdug.com

  30. @ de say: ipul nyanyi? lha wong watuk ae fales :P

  31. @ silly: teruskan nyanyinya sampai aku tertidur :P

  32. Cuma begitu Bess? Awal lagu selalu dari do? Apa nggak? kalau nggak, tahunya itu do, atau re, mi, fa, sol, la, si, darimana?

    *susah ya kalau nggak ngerti musik, bisanya cuma nikmatin doang. huhuhuhu…*

  33. @ merah hitam:
    . . ssst, tak kasih cara anak kecil . . keknya memalukan . .
    . . tapi memang tahapan ini harus dilalui . . .
    . . jangan bosan2 mengulang . . . tar pitch control akan hafal dan terasa dengan sendirinya . . lagu ‘burung kakak tua’ gampang kan? ganti syairnya dengan solmisasi berikut:
    . . . sol sol . .mi do . .mi . .re . . . . . . . .mi . .fa . .la . .sol . .fa . .mi
    . . . sol sol . .mi do . .mi . .re . . . . . . . .do . .si . .sol . .la . .si . .do

    nah . . . . dalam sekejap dah jadi guru les vokal dah . . :P

  34. ST 12 ako saiiank nyan sm charlie bs g’ ia ako ktmu am chrlie!
    ako senang bgtz ma lagu rasa yang tertinggan en puspa ntu lagu mantap sangad!

  35. @ vee: . . . charlie?! . . . gantian, tar abis luna maya yaaaa . . :P

  36. haduh,,masih blajar menyukai lagu melayu neh saya,,hehe

  37. @ ika:
    . . halah! . . . cengkok melayunya masih sulit ‘zakia’nya ahmad albar . . . . . :P

  38. waduh beSS, maaf ndak bisa komen apa2, aku ndak ngerti grup/lagu sing iki… :(
    *emak2-ndak-gaul mbalik ke dapur, masak rawon*

  39. nambah yo beSS… nek ndangdut2 gitu aku masih hidup di masa lalu, angkatan evie tamala, trus om irama juga, abis gitarane keren-abis koyok steve vai.

  40. mak’eeeeeeee . . . . he3, nyang ndi ae gak tau kethok . . .
    ndangdute pada aku mak . . . . rita sugiarto barang seeeee
    kapan2 tak golekna ndangdut sing uenak mak . .
    karo nostalgia . . . . he3 . . pas wis . . . rawone seger . . .
    sampek ngeces aku mak . . . :P

  41. Zakia-nya Ahmad Albar? Woh, aku suka lagu itu Bess.

    mulai bernyanyi…

    Zakia…zakia…penari gurun pasir ternama
    Zakia…zakia…terpesona aku melihatnya…

    Aaaah…aku terpesona
    lirikan mata, goyang pinggul dan senyumnya
    sayang…hanya sepintas, zakia lalu menghilang..
    Kini hanya tinggal kenangaaaaaaannn…

    Tiap kali nyanyi ini berasa seksi deh Bess. Hihihihihi…

  42. Kalau gak salah, ada penyanyi Malaysia yang nyanyiin ulang lagu ini kan ya Bess?

  43. ST 12 harusnya say thanks sama Arisnya Indonesian Idol..:D

  44. sumpeh lo keren bangt…. emuah

  45. I LOVE YOU ST 12!!!! gw sk bngt ma ST 12! ni grup band is very nice………

  46. i love charly

    kami pecinta st 12 di bontang

    injar dan majid

  47. I LOVE UUUUU CHARLY.MMMMMMUAH

  48. rida suka dgn lagunya st 12 cz lagu2nya bagus banget.apa lagi dgn vokalisnya dia mirip banget dgn seseorang yang pernah jadi sahabatku kini dia pergi jauh.saat ini rida ingin banget ketemu ma dia.jelas2 dia sayang pada rida.rida baru nyadar bahwa dia sangat berarti bwt rida.

  49. buat st 12 lagunya dan bikin album lagi kalo bisa album yang religi

  50. h…gue ST Setia-Nya 12, Charli,lagu loe bagus bnget aplgi RASA YANG TERTINGGAL,gue suka, tapi gue lebih suka lgu RUANG HIDUP itu sperti khidupan g’e yg skarng & Lgu DEWIKU itu sperti ksah cnta g’e.skian deh…
    S’moga Lgu-Nya Laris Yaa…Amien
    Gue Suka gya loe Charli K’lo lgi Nyyi S’lalu tersenyum

  51. bwt st12 kpn konser di bekasi

  52. Gw plng senang ma laguna st12 dari dlu ampe skrng,mlhn 2 albm w apl smua. Album puspa hit yang gw suka jdlnya “Saat Terakhir”

  53. hai charly
    suara kamu kok bsa kayak git?

  54. lagu aku masih sayang lagu yg paling bagus sedunia lagu st12menyeritakan cinta saya dengan satu cewek yaitu fahma cewek yg paling sempuna bagiku st12 dan fahma adalahpenyemangatku semoga tetap exsist

  55. fahma aku sungguh sayang padamu tanpamu aku seperti mati dulu aku sering dengerin lagu st12 yg aku masih sayang dan melihat mu aku bahagia sampai aku mau sekolah dan sholat tapi tanpamu aku berubah st12 tolong buatin lagu dong mengingat tentang masa lalu yg indah waktu kita maih satu sekolah samoga st12 makin bagus dan laris walau aku tahu waktu tdk bisa kembali lagi

  56. chaaarrrrrrrlyyyyyyyyyyyy gw nge_fans abieeeeeeeeeeeezzzzzzzzzz sma lo……………. mata lo ntu lho yang bikin gw tergila_gila ama lo…………… chaaaaaaaaarrrrrrlyyyyyyyy gw mw ktemu ma lo…….. gw pengen meluk lo………. gw mw foto lo sendiri dong d sni…….. ya jgn b’3 mlu…………. foto yg d video klip P.U.S.P.A yg lo gtuin rambut lo k kuping ntu……….oooooooooooooWWWWWWWWWWWWWWhhh chaaaaaaaarrrrrrrrrllyyyyyyyyyyy………..

  57. hAy,,,,cHarLyyyy Ni gWx rEzTu,,,ntu Loh tMeN’a cHi rEtNo tAu kaN Lo??????
    gWx cMa Mo bLang sMa Lo kLo rEtNo Ntu bEner” Nge_FaNs bUaNgeeeeeeeeeeeeeeeeeeet Ma yOu
    AmpE2 KlO di TV ada yOu Lg nyAnyi tu sALuran TV gA bOLeh di gANti sMa diA……………………
    dA Ah cUaPe gWx NgoMongiN DIA,,,,,,
    dAh nTu dOang yg pEngen gWx sMpEiN SmA yOu
    bAy cHarLy
    ILOVE YOU MMMMMMMMMMMMUUUUUUUUUUAAAAAAAAHHHHH

  58. kreeeenzzzzz abizz st12 lgu na TOP BGT de…………..

  59. keren bgt lagunya palagi lagu aku masih sayang n jgn prnh brbh POKONYA TOP BGT BANGETZZZZZZZZZZZZZZ…………….

  60. aku suka bgt ma ST12…
    Lagu2nya kereeen abz dan top dech..
    I love you Charlie.
    Eh, gmn sich cara dftr jadi ST setia. Klo ada yg tau email aku YA??
    Makasih..

  61. HEY bang charlie km ganteng banget sih………………..

  62. oy kpn nih konser d PADANG…..?
    Nak2 PADANG dah pengen lihat wajah uda charlie yg ganteng…!!!
    kLo leh tw pacar nya sapa?

  63. alooow ,,,, kang carLLy suwer lagu x keyyyyyyen abiz…., ana acungin 4 jari deh pluz jari jempol kaki…,,
    hehehehe……………………………………,,, sangking keyeeenx pek
    bawa mimpi lo……………………………,,, tapi low sainganx luna maya ya pazti kalah…………………………………………,,,
    tapi leh boleh komentar ………………………………………….,,,
    smwa dari lg akang 2 …………………………………………………………………………………………………………
    gak baek…………………….tpi……………………………………
    baek sekali……………………………………..,,,, lm knal,,

  64. st12 “sasat terakhir” aku lox dengerin itu seneng banget . .pengen bgt bisa ketemu ma st12 . .apa itu cuma mimpi . .ya aku berdoa moga ja ga cuma mimpi bisa ketemu st12 . .I LOVE ST12 . . .ST12 SELALU ADA DI HATI AKU . .4EVER . .with love . . nthinx

  65. I LOVE U CHARLY…..
    mmmuaaacchhh ……

    aq suka bgt ma lagu qmu yg jgn ” jangan pernah berubah n saat terakhir “.
    Aq PENGEN BGT ketemu ma ST 12 terutama ma Charly yg cool abizz.
    iia…smga ajh nie smua bukan hanya sebuah mimpi yg gag mungkn terwjud.

    sukses yoo wat St 12…
    Charly lover….
    ST SETIA with love…

  66. Woooy Charlie kapan lagi niewh mu bikin Video klip baru Bikin dund Video klip nya putri iklan ama Jangan Pernah Berubah !!!1
    eiit Kapan ST12 mu manggung lagi di Bogorr eh tar bulan Desember gqu main lagi ke St 12 u jemput di tempat biasa yawh

    dah sukses aja Buat ST 12 jangan ampe ambruk

    ST setia By awan Seen think Band

  67. memang st 12 paliiiiiiiiiiiing toooooooooooooooop

  68. gw suka liriklagunya and gw suka suara has melayunya….

    gw doain supaya ST 12tetap axis and maju terus…..

  69. he paman tyo kmu kok ndeso sih?

    kok ga tw st12!!

    n sama kiet gayamu kyak org ketagihan ngentot!!!!!!
    aku ni saudaranya charly!!!

  70. hy bwt pnggemarx ST`12 smoga sukses truzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!! slmx bwt ST12

    EH…..YACH!! ST12 apa jlukan bwt pnggemar ST12???????????????????????
    slmx bwt { PEPEP,CHRLY,PEPENG} Smga IMAN RUSH bhagia di surga

    salam

  71. hy bwt pnggemarx ST`12 smoga sukses truzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!! slmx bwt ST12

    EH…..YACH!! ST12 apa jlukan bwt pnggemar ST12???????????????????????
    slmx bwt { PEPEP,CHARLY,PEPENG} Smga IMAN RUSH bhagia di surga

    salam

  72. charly tunjukin istri_nya duuuung , ,

    p’nassaran nicccch , , ,

    kpn ngeluuarin video clip _CINTA TAK DIRESTUI_ , , , ,

    CHARLY ganti gaya rambut “n” anting dung biar tambah guuuuuuuuaaaaaaanten , , , ,

    ooooooook , , ,

    ku tunggu perubahan mu , , , , ,

  73. charly tunjukin istri_nya duuuung , ,

    p’nassaran nicccch , , ,

    kpn ngeluuarin video clip _CINTA TAK DIRESTUI_ , , , ,

    CHARLY ganti gaya rambut “n” anting dung biar tambah guuuuuuuuaaaaaaanten , , , ,

    ooooooook , , ,

    muuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccchhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh , , , , , ,

    I LOOOOOOOOOOVEEEEEEEEEEEE YOOOOOOOOOOOOOUUUUUUUUUUUUU _CCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRRRLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY , , , , , , , , , ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  74. lagunya gw bgt…………

  75. hi ka st12?AQ NGEFANS………………………………..BGT MA KLIAN,SUER KEWEWER G BKLN BO’ONG!!!!!??? KANY COZ KLIAN DAH TERKNL LOH TP SIFAT KLIAN MA TMN2 ST12 YG LAIN Q DOAIN MOGA ST12 TE2P JAYA SPIRIT N’ MKN TERKNL TP JGN LPAIN FANS Y?

  76. halooooooooooooooooo ka2 cute yg dah abizzzzzzzzz oy,sa g st12 ngdain jmpa fans d’ smk n 1slawi dlm acara fans d’ sn yak ya ska loh ma ka2 st12,coz klian 2h uni BGT bituloh………………. or hubungin Z alamat web kami yaitu http://www.smkn1 slawi.co.id y? plizzzzzzzzzzzz………………………….

  77. buaadh personiL ST 12 terutamma charLyy . akk sukka gaiia nnari kmuu ..

    Qtta pgennt ..
    kLiiant ngadainn konserr ddi kotta CIILACAP !
    dkeed nna PURWOKERTO

    akk mhonn iia !
    pLizzh iia ……

  78. charly ni nia dari cirebon gw ngefens bangt am km,km suaranya keren abizzzzzzzzzzzz,gw boleh kasih saran g????charly sebaiknya km tuh antingnya di lepas soalnya klo km pakai anting kaya ap………gitu.klo km antingnya dilepas pasti lebih cool abizzzzz dech.waktu itu km g pakai anting lebih cakep dech

  79. buat…………. personel ST 12 terutama charliyyyyyyyyy, gayanya ok bwangeeeeeeeeeeeeeet loooooooooooooooh,,, maju terus yaaa st 12……………………………..

  80. hai kak charlie.jg smw pra personil ST12.aq nich d pdg loh………eh tw g” kak..aq n” sbgian besar org di pdang byk yg ngefans am qm lo….sukses ya ST12……by: Sri

  81. hay charlyyy guE ngfans buangetzzzzzzz ma lho…..gya lhotu kren abizzzzzzzzzz toooooooooooooup buangetss dech,gya pakaian lho kren abizzzzzz emank lho ska buangetzzzzzzz thaaaaa pkek jket but tu yG

  82. HEY CHARLYYYYYYY gue ngefansssss buangetzzzz ma loe…………………aplagi waktu loc pkek ket the best dech pkoke……………toooooooooooooup abizzzzzzzzzzz emank loe ska pkek jket zaaaaaaa??????????charlyyyy antingnya di gantiiiii donk lbihhhhhhhhhhhh guaulllllllllll n krenssssssssss buanget gtyu……..charly nma istrine cpa ce gue jadi jealous ne……….ST12 very the best the numero uno.eeeeemmmmmmmmmmuuuuuuuuuuuaaaaaaaccccchhh.
    gue tnggu album brunya….jangan lpa mampir ke SURABAYA dong………………

  83. hhhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    slammmmm knallllllllllllllll yuaaaaaaaaaaa

    w juga suuuuuuuuuukaaaa bangeeettt saaaamaaaaaaaaaa

    st 12….

    paaa lagiiiiiiii charly

  84. st 12 adalah bad paling top saya sudah ngefans dari tahun 2005 toong st12 bikin lagu kenangan lama

  85. lagu2 yang di bawakan oleh charly itu sanggat buanggus(sampai ngak bisa nulisnya sangking bagusnya)
    hampir setiap lagu ST 12 lagu favorit aku

  86. AQ JUJUR NGEFANS BANGET MA ST 12 AQ SUKA SEMUA LAGUNYA DARI PERTAMA KALI ST 12 DIBUAT AQ JUGA MEMPUNYAI SEMUA LAGU LAMA SAMPAI LAGU BARUNYA AQ PUNYA JUGA FOTO2 SEMUA PERSONILNYA JUGA AQ PUNYA . TOLOOOOOOOOONG BANGET BILANG MA ST 12 TERUTAMA CHARLY Q NGEFANS MA DIA DA SUARANYA YG KHAS ITU MEMBUATQ AKAN BETAH MENDENGARKANNYA SELAMA AQ HIDUP AKU KAN SELALU NGEFANS MA ST 12 SAMPAI JIKA AQ MATI KELAK Q KAN SLALU MENDUKUNGNYA WALAU ST 12 TIDAK TAU SIAPA AQ YG MEMBERI KOMENTAR INI

  87. aq fans brt nya st12,smnjk aq liat BEHIND THE SONG,aq pny bnyk koleksi about st 12.aq pngn jumpa sama st12.tp q rasa itu hanyalah angan2 yg tdk mgkn trcapai.buat st12 moga mkn sukses,and HAPPY BRITHDAY”SLM BUAT PERSONIL ST12 YG KEREN SLALU,+GANTENG.akhir kata wassalam

  88. aKu ngefans banget ma kalian..
    aku pingin banget bisa ketemu kalian
    tapi menurutku itu cuma mimpi yang gag akan mungkin bsa terwujud
    fiiiiuuuuhhh!!!
    i luph ST12

  89. hay st 12……..
    w ngefans bngt lho ma st 12
    sampe2 di hp w, lgu2nya hmpr st12 cmua

    kpn mo ngluarin videoclip tak dapat apa-apa?

  90. kA ChArLy,,,, AKU SUNGGUH MASIH SAYANG PADAMU
    ta mungkin ada SAAT TERAKHIR ku tuk mlyt ka charly…
    dan JANGAN PERNAH BERUBAH ya ST12…

    SUMPAH MATI aku ngefens bgd m st12….

    mlai lgu JALAN TERBAIK ATSL AKU MASIH SAYANG RASA YANG TERTINGGAL RUANG HIDUP SIRNA SUDAH KEPEDIHAN JIWA MPE album PUSPA

    pokok x aku suka bgd smwa lgu ST12 n ma org nya jga aku ska….

    aku WILDAN ST SETIA 12 DI BANJARMASIN

    SMGA SUKSES YA ST12…….

    I LOVE YOU CHARLY,PEPEP,PEPENG…..

  91. CARLY LGU Y KEREN GWNGT…………AK NGEFENS BNGT M ST 12 SMUA……………

  92. ALOOOOOOOOOOOOO ………………………
    QMU …CHARLIE …………..
    TP KOK ……..
    LEBIH ……. GANTENGAN ……
    AKU ………
    HE …….HE……..HE ………

  93. hei…………
    LgU km bgs2……..
    KM TAMBAH KEREN AJA ……..

  94. St.12 LuPh FoReVer….

  95. K’……..

    KaPaN MaEn K’ JaKuT GiE TePaT’ Tj.PeRiOk……….

    K’ D’ ScHoOl Q Mo Da PeNsi K’ K’ SmPn 129
    DuNk

    ZhE-EhM……..

  96. I love ST 12

  97. hay kak charly yg guant TEEngGGGggg aBIeeeeeeZZZZZZZZZZZZZZZZ q tu fans bratx band st12 apalagi c5 vokalisx yg sper caem.kak kpn bikin konser lg dgenteng(bwi)q pngn bngt ktmu 5 ka2k coalx wkt ka2k konser dkota q ,q g smpt liat ,q sdh bnngt kak AKU CM PNGN KETEMU 5 KAKAK COZ TIAP HARI Q 2 CLALU MMPIIN KA2K N LW BLH Q PNGN MTA NO HP X KA2K plEaCe

  98. MAZ CHARLY Q 5 DOAIN MOGA ST12 TTAP EKSIS DLM KARIR N Q DOAIN MOGA2 KAK CHARLY CPET CEMBUH N CPAYA ST CPT BUAT LAGU BRU

    CHARLYI

  99. hai ka gw lia salah satu fans st12

  100. hy charly gw ngefans bgt ma lo
    charly mkin ganteng ja sich….
    lagu2’y bagus bgt sih….
    I LUV U 4 EVER ” ST SETIA”

  101. kapan manggung lg di makassar??????????? plizzzzzzzzzzzz

  102. Buat anak ST 12, makin cool aja, khususnya buat charly pakaiannya makin keren. . .!!! jangan lupa kalau ada waktu berkunjung ke kota polewali…………
    by : Adhi D’Pati KOTA POLEWALI, POLMAN, SULAWESI BARAT

  103. apa kabarnya st12,baik2 ja kan.eh,kapan konser di dumai(riau)??????????

  104. Hay ST12…!
    Adik saya ngefans banget nich sama kalian…
    Apalagi sama Charlie….
    Untuk cari foto personil ST12 yang paling bagus dimana sih???
    Kasihan adik saya,,dia mau beli poster ST12 tapi nggak ada yang bagus….
    Thx ya…..
    ST12….We Luv U… “ST SETIA”

  105. huii….. st12.aq ngevans ma loe2… ae aq kngen ma st . koq bsa ce bwat lgu yg dalem bngtss .. .. . .. ..kapan nie manggung di bandara juanda surabaya…. kira2 qta bsa ktmu g” pi mungkin itu cma mimpi”’cz aq kpengen bngt ktmu… ‘ smua lgu2-na st12 menyentuh hatiq ma ceweq”termasuk yg berjudul cinta tak direstui”’ anda aj aq bsa hub qm2 aq psti g akan nyebarin no-pe mu.03170127457………..ntu adlh no-pe aq mas

  106. st 12 …………….

    ya ampu….N keren banget…….
    aku ngefans banget sama st 12….

    SUKSES TERUS YA…..!

  107. hai tmen2 st setia,,,,,,,,,, knalin aq amien…………

  108. st 12 pkoknya yg ter baik dech. . . . . . . . .
    slm stsetia dari Hadi d’banjarmasin

  109. KU tlah mengecewakan “Cinta Abadi”. Dan untuk “Jiwa yang Hilang” ku kirim “Dewiku” untuk mengatakan “Aku Masih Sayang” padamu. Tapi untukku kau ucapkan “Cinta Jangan Dinanti” karna “Cinta Tak Direstui”. Dan”Rasa yang Tertinggal” ingin kau untuk “Jangan Pernah Berubah” walaupun semua yang kita lalui “Sirna Sudah”. Tapi yakinlah akan ada “Jalan Terbaik”

  110. sunguh keren st-12 paling ok

  111. lagu ini kusus buat cowok gW yang di jawa

  112. semoga st-12 tetap maju :d dan tetap bersatu amin

  113. hai………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! gmn kbrny st tmbh maju ja sie kpn kjogja/??????????????????????????????
    waaaaaaaaaaaaaaaaaa da dpt penghargaan byk bgt bsk dpt kg g yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa??????????????????????????????????????

  114. mau tanya yang jadi model video klip di lagu atsl itu siapa ya??
    blz dong…

  115. kak carly semoga st 12 tmbh maju ya? qu ini fans st 12 { st setia} gitu loh oh, ya slm ya buat yg lain

    by:lucie st setia

  116. hY ST 12,,,,
    ChArLy qMu mAnIeZzzz bNgEt cIe, aQu nGeFaNzz LoCh Ma ST 12, LgUnYa eNk2 LgI,,,,
    sUkSeS TyUzZzz Ya bUaT ST 12,,,

    EX : aMaLIa ( ST SETIA )

  117. rtufghjgfcjnbvjvgjgfvjgjgfjfgj

  118. I LUPH U

    ST 12

  119. MAJU TERUUUUUUSSSS

  120. MAJU TERUS ST 12 KAPAN MANGGUNG LAGI DI KARAWACI

  121. kakak2 st12 Q suka buaaaaaaaaaaaaangat and Q kalian main musik’x enak so,,,,,,,,,,,bikin jadi pengen k3tMu….Kapan yyyyyyyyyyyaaaaaaaaaaaaa kalian k’Cini??????????????????????? oya ada salam dari St setia!by nuRus

  122. hae kax ., quw ngefans bgt 5 ka”x., quw leh minta numb_a g’ .,ni numb quw tlg nanti d mcll yow.,
    085725267576

  123. Assssss,,gmna kbar nya ST12,,psti baik2 kn.,,.,,.,,gry ska bgt smua lgu2 ny,smpe stiap PARADE bwain lgu ST12.,,.,,mksh lgu nya bsa di nikmati.,,.,,yg psti bkn gry doank yg ska ST12 smua orank psti ska.,,.,,dri anak2 smpe kakek2….
    SMK TAMAN SISWA cibadak sukaboemi………….

  124. Kq lagunya melayu semua c?? Skali2 bwt lagu yg pop-rock gtu loch, biar lbih variatif….
    klo ambil model bwt model vidio klip ambil luna maya lagi ja,klo bsa skalian ma ariel…

  125. assalamu’alaikum
    ka’ charly q cm mw bilang ka’ charly jaga kshtn n jgn lp sholat 5 wkt y !!!dah q cm mw blng gt ja!? SALAM ST SETIA ,.!! wassalam!!!?,..

  126. HAI KAK CHARLY GW ST SETIA LOH KAPAN NIH BALIK KE RAMPAL! GW,KAN ADA DI MALANG JUGA

    OH YA MET ULTAH YA YANG KE 29 MOGA ST 12NYA MAKIN SUKSES OK ! GW ,DOAIN DEH

  127. bgs bngtsssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  128. charly q ngefans bgt ma km suara km wajah km dan smua nya

  129. ih waw

  130. kak gw ngfanz bngn ama lho,

  131. carlyyyyyyyyyyyyyyyy…
    you coolllll abiezzzzzzzzzzz…
    sampai akhir hayat gw… loe pasti ada d hati gw….
    you is the best

  132. a carlyyyyyyyy… urang ngpnzzzz.. pizan’lh… k aa’th…
    zigana’mh…. npi kamaot ge… urang te2p carly vorefer………………….
    pnss.. carly npi ka maot…

  133. carly qoe ngefens bngt ma kmuuuuuu
    qoe ingin kmu bsa konser di kec.jayanti
    qoe penggemar brat moeeeeee………………..
    i love you st12

    by:st setia qoe ulfa

  134. hayyyyyyyy carlyyyyyyyyyy…………..
    qoe ngefens bngt ma kmu smpi2 qoe gk bsa tdr mkirin kmu…..

    by:aida eank imoet abizzzzzzzz,,,,,,

  135. SMK NEGERl 1 KlSARAN

  136. charLyyyyyyy ,,, iiu iss my brother 4ever .. aii like iiu becouze iiu is the bezt ,, aii miss iu kakkk ,, huhuhuuu ,, heart iu st stiaa ,,

  137. kak charly st setia d timor leste mau lihat perfomance kmu….! kmi tungu ya….!

  138. st 12 majulah terus jangan sampe bubar

  139. st 12 is the best.
    foreverrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
    i miss you st 12

  140. mank ad ap dgan st1 2………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: