Ngayogjakarta, Genk Kobra

berbagi

Ngayogjakarta, sebuah lagu berbahasa Jawa dari Genk Kobra, anak2 muda yang sedang menuntut ilmu di Jogja. Di tengah gempuran band2 dan lagu2 keren macam Dewa, Peterpan sampai Afgan, tentu aksi semacam ini dapat digolongkan nekat. Tentu saja dari sisi positifnya kita justru salut! Saat ini berbahasa Jawa tidaklah gampang, apalagi untuk sebuah lagu.
adipati-lagi-menebar-racunfotoku-dgn-teman-teman-genk-kobranggaya-untuk-album-baru
Inilah kelebihan lain dibandingan lagu Yogyakarta-nya Katon Bagaskara, KLA Project. Jogja, tak pernah tuntas diulas. Cahandong hanyalah salah satu sisi Jogja, walaupun kita sudah cukup pusing menelusurinya. Demikian kompleksnya Jogja, sehingga kita hanya tahu sekelumit Genk Kobra dari Cahandong. Maka tak heran, tersandung lagu Ngayogyakarta ini, bisa ber bulan2 nggak ngeblog :P *alasan yang sangat bloggeristis* Maka terimakasih juga buat Genk Kobra, percayalah ini salah satu kekayaan Jogja. Kober2nya buat klipnya!
ngayogjakarta-genk-kobra041ngayogjakarta-genk-kobra05ngayogjakarta-genk-kobra06
Namanya juga posting ‘maksa’, lagu berbahasa Jawa ini tidak saya terjemahkan, silahkan tanya orang Jawa di sekitar anda, kan sudah tersebar di mana2. Sekalian ini untuk mengingatkan mereka akan ‘kejawaannya’. Namanya juga fenomenal, ternyata dalam lagu ini juga diselipkan bahasa ‘preman jawa jogja’, nah lho! Singkat saja, ha na ca ra ka = pa da ja ya nya , dha ta sa wa la = ma ga ba tha nga. Pokoknya ( benernya paling ga suka nulis kata ini ) dengan rumus basa walik’an ( bahasa terbalik ) itu akan ketemu Dhalad = mangan (makan), Sangi = bali (pulang), lan Nyothe = kowe (kamu). Berbeda dengan bahasa ‘preman jawa semarang’, ha na ca ra ka = nga tha ba ga ma , dha ta sa wa la = nya ya ja da pa. Maka klo di Semarang ada yang bilang denyom = wedhok (perempuan) , gomom = rokok , kahath = mangan (makan). Sekalian bahasa ‘preman jawa malang’ , pembalikan biasa, ngalup = pulang, isilup = pulisi, niwak = kawin. Makanya klo ketemu orang jawa jangan sembarangan, tanya dulu dia orang Jogja, Semarang atau Malang.
ngayogjakarta-genk-kobra081ngayogjakarta-genk-kobra161ngayogjakarta-genk-kobra201
Cahandong dan Genk Kobra adalah warna-warni Jogja, walaupun rumit ndakik2, cobalah kita pahami persamaan filosofinya ( hlaah ). Iki ra ndek2an, ini bukan hal sepele, coba pahami istilah trimaskenthir ini. Anda akan menemukan 3 dewa blogger yang demikian berpengaruh, tidak hanya untuk Cahandong, tapi ini hanya karena ke tiga blogger kampiun itu punya ikatan emosional yang dalam dengan kota Jogja. Maka mungkin kalau ada yang pengen jadi blogger hebat, kenalilah Jogja dengan baik dan mesra :P Tapi apakah anda yakin dapat menyamai mereka? berpikirlah 1000 kali!
pamangombalpsirmbilungpecasndahe
Genk Kobra lebih gila2an lagi, coba baca situsnya, mereka percaya bahwa tahun 2017 Ibukota Indonesia akan pindah ke Jogja! , busyet! Apa ini namanya kalau bukan filosofi yang dipegang teguh? Maka jangan heran melihat trimaskenthir demikian adem ayem melanglang buana!. Senin kemarin gantian antobilang yang wisuda, komunitas blogger sudah paham artinya, dan eksodus blogger Jogja ke Jancukarta akan terus berlanjut sampai menjelang 2017. *klo untuk tikabanget, ga usah buru2 la, kan bisa di Jogja aja, 2017 ga lama, klo pengen ke Jakarta tinggal ngeplurk*
0810c-0030vga10810c-00034r0712s-0008r
ya . . Jogja, Jogja . . ga ada matinya! Yang menghuni saja yang silih berganti. Kemaren sempat nyekar 10 tahun meninggalnya bapaknya paman di Utaralaya, langsung gudeg kaki lima depan pasar Demangan. Posting maksa banget ini juga karena adik saya terkasih, ibunya Tika! Selamat ulang tahun, semoga semakin bijak jadi ibunya anak2, juga istri paman. Biar tetap ga ada yang tahu ulang tahun kita bareng. Lho, lagunya belum dibahas, ya pokoknya Genk Kobra hebatlah, buktinya bisa menghadirkan suara khas gitar Brian May, Echoplex dengan 3 amp digital delay . . . makin hebat euy
vcd-cd-audio-genk-kobra

Ngayogjakarta , download MP3
dening Genk Kobra

do=G (pentatonik)
Witing kelapa jawata ing marcapada
salugune niki genk Kobra
pancen nyata kula saking Surakarta
jajah nagri Ngayogjakarta

Heh . .

do=C
C – – – – – Am – – – -Dm – – – – – – G
Ngayogjakarta kuthane aman berhati nyaman
C – – – – Am – – – – -Dm – – – – – – – C
Kota Seniman, Kota Pelajar, lan Kabudayan

Ref:
C
Malioboro trus ngidul kuwi kraton yogja

Kantor Pos Gedhe, ngarepe Senisono
– – – – – – Dm
Ning dhek biyen, saiki wis ora ana
– – – – – C
Benteng Velderburg mbiyen panggonane Landa

Nggolek Gudheg ning Widjilan mesthi ana
Ndelok Munyuk lan Gajah neng Gembira Loka
Arep santai neng laut, bablas kidul kana.
Parang tritis Parang Ndok, Parang Kusuma

Bantul, Praja Taman Sari, ben ra ucul, ya digondheli
Sleman Sembada, eman-eman marahi gela

Reff:
Tuku manuk ning Ngasem sor kulon Cemeti
Kaliurang nggon adem neng lereng Merapi
Cemilane jadah tempe bacem ngangeni
Gua Slarong Ngelingake perang jaman Kompeni

Gadjah Mada IAIN Kalijaga UII
Panggonane wong pinter sing padha setudi
Stasiun Tugu, Lempuyangan nggon kreta api
Numpak sepur saka kana tekan endi-endi

Gunung Kidul Handayani, Bacut ucul angel nggoleki
Kulonprogo Binangun, Karo kanca mbok ya sing rukun

Ngayogjakarta kuthane aman berhati nyaman
Kota Seniman, Kota Pelajar, lan Kabudayan

Reff:
Borobudhur, Prambanan kuwi candhi gedhe
Taman Sari pemandhian mung kari bekase
Tari Srimpi lan Gambyong sagamelane
Yen ditonton mesthi wae ya nyenengake

Dhaerah Yogja ana papat kabupatene
Gunung Kidul, Sleman, Bantul, Kulonprogo batese
Dalad, Sangi, lan Nyothe kuwi basa premane
Yen tak pikir aku mesti kekelen dewe

Sanga Papat, punjul enem,
Menawi lepat, nyuwun ngapunten
Sanga Papat, punjul enem,
Kula niki, lulusan Pakem

Sikil Gudhik, aja dikukur lan dithithil
Tangan reged aja nggo uthik-uthik upil
Sirah mumet lan ngelu padha ngombea pil
Dadi uwong sing pinter aja dadi pokil

Susuk wajan nggo nggoreng krupuk kuwi Suthil
Mbok ya anteng tangane aja padha nggrathil
Benik ucul dondomi ben ora prithil
Dadi uwong sing sugih aja dadi uthil.

31 Responses

  1. ooo ada sound model Brian May, wah keren bisa nyamain *penasaran buat beli albumnya*

  2. saya punya semua lagunya lho bahkan yg belum mereka buat….

    —nggedhebus

  3. Halo mas EbeSS… apa kabarnya???

    Iko punya MP3nya gank kobra yang judulnya Kembang Jagung… :D

    Tapi gak pernah tahu siapa itu gank kobra… ternyata bank dari Jogja tho…

  4. masih ada yang ketinggalanm tuh..
    G-Tribe…
    masih inget kan..
    emang udah ga ada sih, cuma masih seru aja kalo ngedengerin lagu-lagunya itu…

  5. aku cintah Jogjah Besss… :oops:

  6. selamat ulang tahun yang 35 bess (ben ngerasa muda), semoga tambah makmur, dapat rejeki dan banyak jodoh. hehehe

  7. lah dalah . . . . . pengantin baru . . .
    kok ya langsung bukak rahasia negara . . . . :P
    *suwun pul, wis titip mitha . . . ojok sampek mbok larani lho ;)

  8. kemana aja Bess…? met ultah ya…..
    wah, jebul mudaan Ebess drpd saya yah…?
    hahaha…. *ngakak guling-guling*

  9. hus . . . dok . . . hei . . . . didengerin tetangga itu loh . .
    gara2 ipul tuh . . . . ya ga papa . . . mumpung jik manten anyar :P

  10. ebessss daku rinduuu, kemana ajaaaa muwchhhh buat yg gi besdei

  11. ebeSsss…
    orang paling keren se bloG..
    eksis bow bow..

    met ultah ya.. *cium tangan ebeSs*

    smoga selalu bahagia menemani hidup.. amien :D

  12. ini salah satu grup musik favorit selain acapela mataram !

  13. Band Jogja ya?

  14. citarasa lokal yang very good emang di jogja

  15. Ko’ aku lom pernah denger lagunya yaa??

  16. eh udah diapdet…hiks… ra iso ngedonglot lagune :((

  17. metal jowo.. rocks

  18. EBEEEEEEEEEEEEEEEEEEEESSSSS!!!!!
    Ngaturaken Sugeng Tanggap warsa….

    Mugi kathah rejeki, karahayon, enggal2 momong wayah… he..he…
    PISS BESS!! salam buat emak….

  19. poto trimaskenthir-nya penomenal yak.. :P
    semoga belum terlambat untuk mengucapkan selamat ulang tahun ya bes… :) maap, baru baca dari posting ananda dokter tito :)

  20. ya ampunnn, lagunya bahasa dewa… mana silly ngerti kangmas…

    anyway… happy birthday yah, semoga sehat selalu, panjang umur dan rukun2 dengan mbakyu…

    *menjura dalam2*

  21. aku telat ngucapno selamat ulang tahun bes…
    ben sering syukuran, sampean ngadakan pesta ulang bulan wae…
    hehehe

  22. met berkarya aelah moga sukses tyuuuzzzzzz bisa nglestariin bosojawa :mrgreen:

  23. @dindacute : makasi . . . n jangan ragu nulisnya “basa jawa” bukan “bosojawa” . . :P

  24. Apa ne King Kobra karo Kobra oil beSS? :P

  25. ale iki puancet ae . . . kobra oil mu jik akeh tah . . ;)

  26. Halo Bess, sehat2 kan?

    Belum pernah denger lagu ituh.
    Kapan2 kucari, insya Allah.
    Bagus mana ma Master Didi Kempot, oom? :D

  27. [...] Wis Akhir, kata Genk Kobra. Dan lama-lama nilai-nilai budi pekerti yang diajarkan orang tua dan guru-guru saya kok makin lama [...]

  28. piye kok ra ono lagune sing ayar

  29. piye kok ra ono lagu sing ayar, aku seneng buanget lo karo syair2nya. bikin lagi dong syair2 yg nyleneh

  30. http://www.imeem.com/people/K2i7EHC/music/ejOQvCsk/genk-kobra-jawa-timur/

    Maaf lagu dengan judul Jawa Timur itu bener yg nyanyi Genk Kobra juga ya?
    itu link nya silahkan di dengerin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: