Mus Mujiono : scat singing

Nama Lengkap: Mus Mudjiono
Gitar : Brian Moore
Pengalaman Band : The Hands, Jakarta Power Band, Funk Section
Gaya Permainan : Jazz, Pop, Fusion

Image Hosted by ImageShack.us Teknik Andalan : Scat Singing
Mus Mudjiono merupakan gitaris jazz senior yang telah banyak berkontribusi dalam mempopulerkan musik jazz di Indonesia. Tak hanya bergelut di scene jazz saja, ia juga sering memasukkan karya-karyanya untuk beberapa artis pop. Untuk teknik gitarnya sendiri ia sering memainkan teknik scat singing seperti George Benson dan musisi-musisi jazz. Teknik scat singing sendiri bisa diartikan deengan ‘membunyikan nada-nada yang dimainkan oleh instrumen dengan menggunakan suara mulut’.

Mus Mudjiono yang arek Suroboyo ini dulunya pernah membentuk grup The Hands dan Jakarta Power Band. Di Jakarta Power Band ini ia mengusung musik-musik fusion. Selain itu ia juga telah menelurkan beberapa album solo. Salah satu lagu di album solonya yang paling terkenal adalah Arti Kehidupan yang baru-baru ini didaur ulang oleh gitaris lain, Balawan. Sekitar tahun 1995, ia juga pernah membentuk Funk Section yang juga berisikan Glenn Fredly (sebelum bersolo karir).

Editor: Diaz (neoclassicer @ yahoo.com), http://www.gitaris.com/MusMudjiono.p

*maaf, saya sedikit menunjang kopas, kopi paste. Prinsipnya seperti di Perpustakaan tempat saya mengelola 100 ribuan buku, tiap hari kerja puluhan buku dikopi mahasiswa. Selama itu untuk pegetahuan, kenapa ga boleh? klo sudah komersial seperti dosen yang kurang ajar, kopi buku dijual ke mahasiswanya, baru saya turun tangan ikut menghalangi*

abis dikasih tau si komikus, klo nulis lebih rapi be, yang baca orang2 pinter!

biasa, pendapat emosional, dijawab dengan ngeyel dulu! emang ada blogger yang melek musik?! lha wong yang bisa main musik saja, belum tentu tau solmisasi, apalagi yang dibilang pinter musik, ternyata cuman baca sana sini!

Walaupun sangat diharapkan, sampeyan blogger yang mau terus belajar apapun. Teknik Andalan : Scat Singing, langsung dapat anda nikmati pada intro lagu pertama, Arti Kehidupan. Nah . . . anda semakin memahami jiwa seni musik anda sendiri . . . mengapa menyukai jazzy . . . scat singing hanya salah satu tehnik pemanis musik!

Dah gitu aja? Saya tetap ga tega dengan kawan2 blogger saya, yang masih semangat belajar musik. Tanpa sengaja saya habis mendiskusikan Scat Singing dengan anak perempuan (dah ga ada ya ra?) pengamat gitaris Indonesia ini. Sangat sederhana, modalnya cuman solmisasi!

Tau lagu ‘Burung Kaka Tua’? Nyanyikan dengan kata2 ini :

sol sol . . mi do . . mi re . . . . . mi fa . . la sol . . fa mi

sol sol . . mi do . . mi re . . . . . do si . . sol la . . si do

bagus . . . anda dah jadi blogger yang melek musik, yakin teman anda yang belum baca ini akan berhitung untuk berdiskusi musik dengan anda. Tambah dikit lagi anda bisa bersaing dengan gitaris andal, ambil gitar, petik melodi lagu diatas, bersamaan dengan suara anda. Ganti kata2 dengan du du du du . . . . . . . nah anda dah bisa Scat Singing!



arti kehidupan
abadinya cinta
kesempatan kedua
kunyatakan cinta
lupakanlah
maafkan
satu jam
suara hati
tanda-tanda
yang pertama
. . . the best of . . . . Mus Mujiono . . . . Download

19 Responses

  1. enakan maen gitar dari pintu ke pintu, gak perlu pinter2 yg penting nyambung aja gitar ma lagunya. Intronya cukup dengan kalimat “Permisi mbak/mas” penutupnya dengan “menyodorkan tangan”

  2. Hehehe, akhirnya ada satu lagi blog yang bisa mengajarkan kita bagaimana bermusik yang baik dan benar. hehehe… mohon bimbingannya ya Dik.. eh Pak😛 Makin dikupas tuntas, makin asyik bacanya.

  3. eh, ada mas medhok versi 2.0 di atas…😛
    ehmmm… btw…
    ya ampun, jd foto yg di atas itu fotonya Mus Mudjiono?
    aku pikir tadinya Giring! wkwkwkwk…😀
    he? yg baca orang2 pinter?
    pasti saya ndak masuk itungan…😐

  4. Waaaahhh..dah lama banget ga liat performancenya Mus Mujiono..

  5. pengamat gitaris indonesia? huaaa.. malu.. lha iya memang bener, cuma bisa mengamati.. wong main ngga bisa2..😀 maksudnya mengamati di sini perlu diperjelas ‘ndelok’ alias ‘mlongo’

    hahaha.. barusan saya jadi murid yang baik lho bes.. saya ikuti instruksi ebes.. sol sol.. mi do.. mi re.. …….. *hore melek musik*

    iya, link music ‘jazzy-nya arief’ diumpetin.. maaf ya bes.. terima kasih sudah berbagi ‘pengetahuan’ tentang musik..

  6. hore . . . . pengamat gitaris itu sudah komen . . . terimakasih rara! semoga tiap blogger punya dan membentuk”sense of music” nya seperti itu🙂

  7. saya bisanya cuman ndengerin doang bes.😀

    baru tau rara pengamat musik.

  8. ipul… hahaha… itu bisa2nya ebes aja.. ngamen aja yuukk..

  9. @mba rara: loh saya kok nda di ajak ngamen sich wuaaaaa

  10. Mus Mulyadine endi Bes?

  11. Oohhh si Nono yang pernah jadi model iklan obat diabetis eh pengukur kadar gula itu? I love the blue of Indonesia…

  12. ganok shoutbox’e, gak isok bengok2…..
    link blog’e kok keluarga kabeh, bener2 keluarga blog
    /*fyiuuhhhhhhhhhh……..keluarga jaman sekarang….

    komen opo Pak sing ilang ?

  13. wihiii ada oom mus …. saat saat berkesan
    btw bes, kalo di dunia saya scat itu = telek, terutama teleknya hewan pemakan daging 😦

  14. klop ma lagu paman waktu kecil . .
    ayo singing . . 2x neng kebon . .2
    tutupi godong pring . . 2x ben garing . .2😛🙂😀

  15. nah, dia ini apanya moes jumadi? tanya sir mbilung saja. barangkali ada hubungannya dg scat itu tadi.

  16. kalo crowdnya joe satriani scat juga gak beSS? pingin yg kayak gitu aja😦 *kepingin tapi gak bisa-bisa*

  17. hehe, mus mudjiono bisa niru george benson, jonathan butler sama earl klugh.. btw, rasa2nya aye pernah lagu “yang pertama” tapi versi bahasa inggris..

  18. indah…………………….
    nada nada yang menghanyutkan gak ada matinya .
    kata mamaku dulu mudanya dia sangat mengidolakan arek satu ini .dan gue jg lho pas gue dengerin lagu – lagu nya skrg ternyata gak basi, apalagi yang judulnya suara hati.

  19. Pengen tau teknik scating..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: