May Day . . ! Nidji


Walaupun Nidji suka berbahasa Inggris untuk lagu2nya, tapi nggak ada memang yang berjudul May Day.
Nidji, nama ini kembali menggema, solidaritas, egaliter pada May Day kemarin. Kelihatannya arti nama Pelangi yang disandangnya benar2 ingin menghiasi dan meneduhkan carut marutnya dunia kerja di Indonesia.

Sambil olak-alik laporan Biro Pusat Statistik, kok jadi teringat ibu dosen yang cantik. BPS menulis tahun 2006 penduduk Indonesia 222,2 juta, dengan angkatan kerjanya 106,39 juta jiwa. Ah . . angka2 ini menyebalkan! Makin terbayang dosen cantik statistik . . tik . . tik. Apalagi kuliah jaman kuno, statistik benar2 momok yang bikin mumet, dimana psikologi masih dikatakan Ilmu Jiwa, hlah . . bisa terganggu jiwanya bener ini. Pada angka2 yang rumit inilah wajah muram Indonesia diperjuangkan Nidji. Maka sangat sulit mencari istilah ekonomi kuno yang terkenal itu, ‘disguised unemployment’, ya pengangguran tersembunyi! Kalau ‘pengangguran terbuka‘ sih BPS mencatat 10,9 juta jiwa, catatan mbah wiki 12,5 % (ingat, dari angkatan kerja). Padahal kemarin yang demo itu bukan dari pengangguran! Nah, kebayang nggak?! Kalau masih kebingungan, Nidji malah sudah meneriakkan hak2 dasar untuk dapat pekerjaan. Sepertinya perlu ber darah2 dulu untuk meningkatkan peringkat 133 Indonesia untuk pengangguran.

Eh bu, boleh nanya kek mahasiswa nakal tapi cerdas nggak? Itu ‘satuan penelitian’ kok ditulis ‘jiwa’ ya? Yang terganggu ‘jiwa’nya nggak dihitung dong bu? Klo pakai ‘orang’ ato ‘manusia’ nggak lazim ya, ato memang kaitannya erat dengan Ilmu Jiwa atawa psikologi ibu itu! Lalu sebagai sebuah Band, Nidji ini apa? Tiba2 saya ingat seorang blogger ndeso, pekerja keras, tekun, berwawasan luas, egaliter dan solidaritas tinggi tanpa pamrih. Untuk Kriteria ‘ndeso’, maka blogger2 yang merasa ‘jancukarta’ dah kalah bersaing! Yang perlu dijelaskan pada ‘cak’ Ipul ini adalah minta bang haji rhoma irama, kok dikasih ‘giring’! Lha wong ya sama kritingnya ngono lho cak! Hlah . . pokoknya yang kelihatan May Day kemarin ‘giring’ bukan ‘bang haji’! Disisi lain lagu Pulang, Nidji, awalnya terdengar biasa saja, malah cenderung melankolis (menghiba) melemahkan ‘angkahan’. Pada tataran pemikiran Ipul inilah, lagu Pulang, Nidji serasa menemukan ‘jiwa’nya.
Sejauh ini memang hanya blogger semacam Ipul yang terang2an nulis diblognya, punya ide brilian “pulang”, membangun daerahnya. Dan logo bergambar kambing itu semakin menemukan maknanya yang dalam. Kalau saja para pekerja Indonesia punya jiwa begini, tahun depan Indonesia bisa lompat 100 peringkat, atau malah seperti Monaco, pengangguran 0 % !

Saatnya kita belajar, menikmati lagu melankolis yang justru untuk menguatkan tujuan hidup kita. Perhatikan Chord G# – A# – C , dan lagukan syair ‘pelangi . . jingga‘, ya itu penggalan lagu ‘Kebyar-kebyar’, alm. Gombloh!


Pulang, NIDJI

Do = C
Intro: C

– – -Em – – -Am – G – F
di tepi kota ini
– – Em – – – – -Dm – G – F
ku merasa sangat sepi
– – -G – – – – C – – – Am – F
berdiri di atas karang
– – – G – – – – C
ku kenang wajahmu

berikan aku waktu
tuk berlabuh ke pelukmu
sadarkan semua niatmu
dan jangan tinggalkan aku
G# – – – – – – A#
jangan tinggalkan

C – – – – – -Am
aku ingin pulang
C – – – – – -Am
aku ingin pulang
– F
berikan doamu
-G – – – – C
agar aku pulang

aku ingin pulang
aku ingin pulang
berikan sayapmu
agar aku pulang

aku ingin cepat pulang
aku ingin cepat pulang
berikan sedikit waktumu
untuk tetap menunggu

tetap menunggu

aku ingin pulang
aku ingin pulang
berikan doamu
agar aku pulang

aku ingin pulang
ingin cepat pulang
berikan sayapmu
agar aku pulang
pulang

– – – – -C
baby you said your all that i need
– – – – -F
baby you said you make me complete
– – – – – – – -Am
just come back home
– – – – – – – -G – – -C
just come back home to me
– – – – – – – -Am
just come back home
– – – – – – – -G – – -C
just come back home to me

41 Responses

  1. memang harus pulang bess, kalo ndak pulang nanti jadi bang thoyyib. hehehe

  2. hidup bangsari . . . . . . !
    Ipul . . . . for president!!!!!!!!!!!!!!!! . . . 😉

  3. untung kmrin aku brusan pulang bess, soalnya nda mau jd anak durhaka sich

  4. hidup aprikot . . . . !
    Gita . . . . . . for first lady!!!!!!!!!!!!!! . . .😉

  5. wah aku nih yang belum pulang Bess….😦
    *sambil lirik kalender cari tanggal merah/kejepit lagi*

  6. weh, aku kok disandingke karo gita bess? :((

  7. @bangsari: wuah lha aku kok mbok tolak to mas😐

  8. @ evi : yang jelas klo harpitnas gitu jalanan rentan macet dok . . . !
    . . . cukup setahun pisan ae . . . . . . saaaaangune sing uuuaakeh . . 😛

    @ Ipul : lha timbang njalukmu rhoma irama . . . . ya adooooh pul . . 😛

  9. @gita: maap, soale ono lagune git.
    “bukan ku menolakmu
    tapi pikir lah dulu
    jangan lah engkau
    menyesal kemudian

    teret tet tet tet …”

    vokal by hamdan att.

    iyo to bess?

  10. HIDUP BURUH!!

  11. @ stey : wedew . . . . buruh yang sukses neeeeeeee . . . 😉

  12. kalo sampean pulang ke mana, bes? salatiga?

  13. @ penyair nirvana: pulang ke nirvana kalee 😛

  14. lho… kok giring rambutnya panjang, oom?!

  15. @ mbakdos: itulah idolaku! klo saja brain, bright n behav ind spt ini, cakep 😛

  16. yok opo kabare Bess? nek aku sih mulih yo setahun pisan……melok ojob. Lha ebessku nang Jakarta kok……..

  17. @ endang : ngalam ya wis maju kok ndang, ya kari arek licek2 iku ae dikon sing rukun! ale, siwi barang iku . . .sakjane lak wis isa nggae koyok bhi, cahandong, tugu pahlawan . . . timbang dolin ae . . . 😛

  18. tanggal 11 bess, ada nidji di JCC

  19. Ini ngomognin nidji, apa pulang, apa buruh sich???

    Kalo nidji, wah… keren emang dia… barusan saya liat videonya disini
    Kalo soal pulang, lahhh… aku udah ndak tahu muleh ke mana, karo sopo, wong papa mama ada disini semua, eyang udah 3 yg gak ada, tinggal eyang putri dari papa, tapi ndak ada disini…

    Soal buruh, tadi saya udah nulis panjanggg pisan soal outsourching itu, tapi ahhhh pikir2 lagi, udah basi, gak usah dech… intinya saya ikut prihatin aja sama nasib mereka yang udah bertahun2 berstatus kontrak hanya karena kebijakan outsourching sialan itu. Mending kalo habis itu diperpanjang dan diperpanjang lagi… kalau udah 6 thn, 7 thn trus diphk, tanpa uang pisah yang layak… My God… bentjiiii aku…😐

    Tuhhh, teteup panjang khan… Padahal udha diapus tuh mas… tadimah lebih panjang dari posting mas🙂

    **pentung pake printer**
    **garuk2 aspal**

  20. @ silly : ah silly2 . . . hikmah dibalik kondisi buruh ini adalah . . . kita harus bersyukur . . . duh sill . . . 10 juta lebih pengangguran . . itu yang terbuka . . yang turun kejalan kemarin termasuk ‘disguised unemployment’ . .
    keknya pemerintah dah putus asa . . . . korupsi aja jalan terus . . .
    ** tarik tangan silly bertelut . . bersyukur diatas panasnya jalanan aspal**

  21. Jadi inget si andi, ob outsource yg rajin di warung. Baru dirumahkan juga. Duh, susah kalo pengusaha jd pejabat ya bes? Dikiranya rikiplik ini bisnis..

  22. sini..sini…pulang ke pelukankuhhhh

    mergo sugih bess, aku pulangnya 3th sekaleeee soale mesti digilirrr, setahun di jawa, setahun di mertua, setahun buat ambegan….yen ebess mau digilir jg brati nunggu 4th sekaleee😛

    halah ning kene yo dianggurker mung disuguhi si kriwil , aku yo duwe bess

  23. iye nih mpok . . . . payah pejabat, nggak yang di eksekutif, nggak legislatif . . . he3, itu . . KPK biar capek sendiri ubek2 pejabat pemerintah dan dewan . . .
    lha wong ternyata tikus koruptor itu buuuuuuuanyaknya minta ampun . . .
    pakai racun tikus aja gimana ya . . . . . .
    ato dijadikan tikus percobaan di lab-nya dokter kewan . . . 😛

  24. @ kenny: ya gak pa2 ken. . . petang tahun sepisan ya . . . .
    si kriwil sak dulur iku lho . . . . kok isa bening2 . . .
    padahal cilik’anmu mbiyen ken . . . ya ampun . . .
    iku mesti merga sregep dulinan banyu, keceh nggik akuarium . . . 😛
    *enak ya nggik kono upah buruh wis duwur . . . kirim rene ken . . !

  25. Ebesssssssss!!!!!!!!!! Apa kabar?
    saya tiap hari udah PULANG kok Bess…..
    Lah anak2 panjenengan dah pada PULANG belon?

  26. @ maya : disusul sisan wae yo may . . . . . . dolan sisan napa . . . 😛

  27. Sing wingi iku hari buruh internasional.
    lah kapan hari pengangguran internasional dirayakan, bess??

  28. @ sam yus : ide yang bagus itu sam . . . . tar klo ada ‘hari pengangguran’ kita turun kejalan . . . lha wong yang sudah kerja aja gajinya masih asal2an . . . nasibmu Tenaga Kerja Indonesia . . . he3, kita semua TKI kan? . . . . 😛

  29. Weitsss… nggak nyangka bapak ternyata demen Nidji juga. Anggota Nidjiholic kah sekarang pak? Hehehe… Asal rambutnya nggak ikut kriwul aja ya.
    Funky ntar!😀

  30. Wah, si anak akhirnya PULANG juga tuh Bess!😛

  31. ebeSS mbujuk i thok,
    kapan kih jd pulang ke Malang?
    *ngenteni oleh2*😀

  32. @ ale: putu lanang mbarep sitok iki loucune gak entek2 😛 * duwik’e senin le . .

  33. keren nih….btw band baru ya ini?😀

  34. saya pengangguran terang2an, pengen pulang, sangoni yo ‘bess…..🙂

  35. @ bibi : lho . . . . . kemana gambar boneka yang ngangeni itu . . 😛
    ooo . . . wis pindah dikeloni si kecil . . mulih nyang ndi neh bi . . . he3!
    dadi pirang2 taun wira wiri seneng lunga iki gak onok sing nyangoni tah 😛

  36. @ hafidzi : selamat datang anak muda . . . . !
    Nidji adalah band yang lagi fenomenal saat ini . . . contohnya ya manggung di acara May Day kemarin. Nidjinya sendiri sudah cukup lama . . lom kedengaran sampai Kairo ya . . . . . 😛

  37. Mungkin dah kedengeran dsini tp sy nya kali yg belum dengar lagunya😀 hehehe
    tp nama ini trasa sangat familiar, klo ngga salah dulu ada pemain lawak dengan 3 personil, cuman saya lupa nama groupnya, hampir mirip dengan Nidji, klo ngga salah jg, dh lama si…:D

    oke om….:)

  38. Nidji pulangnya ke mana ya kira2?

  39. @ mak dew: ya jarna ae gak mole, wis gede! lha mak’e ya lunga ae 😛

  40. puLaNg…..

  41. slmmm………… klnnnnnnnnn y asyah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: