Badai Pasti Berlalu, Eros Djarot?

Badai Pasti Berlalu dirilis ulang 30 tahun kemudian. Awalnya dilantunkan oleh Berlian Hutauruk, kemudian oleh Ari Lasso. Peristiwa ini justru merupakan ‘badai’ tersendiri bagi penciptanya. Bila anda penggemar musik, tentu dengan mudah menjawab bahwa penciptanya Eros Djarot. Namun bukankah dia hanya mencipta lagunya? Teguh Karya? dia hanya menyutradarai. Mungkin hanya sedikit penggemar Novel yang ingat, bahwa Marga Tjoa-lah penciptanya, itupun mungkin harus dieja Marga T yang lebih dikenal. Novel yang sempat dimuat di harian Kompas dari tanggal 5 Juni 1972 hingga 2 September 1972 ini, seperti novel2nya yang lain, juga membawa ‘badai’ bagi penciptanya. Bila novel ‘Karmila’ membawa ‘badai’ yang menghantarnya bertemu calon suami, ‘Badai Pasti Berlalu’ justru menghantar karyanya ini semakin cemerlang tak lekang oleh waktu!

Kemilaunya ‘Badai Pasti Berlalu’ telah mengundang demikian banyak para dewa, langsung kita comot aja yang paling fenomenal, Eros Djarot! Jangan dikira penanggung jawab tata musik film BPB ini petualang yang tiba2 beruntung kebagian film bagus. Mungkin malah kita sudah pada lupa bahwa pada masa itu ada sebuah kelompok yang sering disebut orang ‘gank pegangsaan’. Praktisnya langsung aja bandingkan tempat nongkrong ini dengan ‘bundaran hotel Indonesia’. Sebuah kahyangan yang tidak saja enak buat nongkrong, tetapi dari tempat nyaman semacam ini buah pikiran genius kreatif baru bisa tercetus. Kenyataan ini juga yang mencirikan bahwa sama seperti ‘bhi’, ‘gank pegangsaan’ juga demikian terbuka bagi siapapun yang berminat. Tetapi terlalu naif bila mengira Eros Djarot datang ke Pegangsaan itu segalanya jadi beres dan mengalir lancar. Jauh sebelum BDP Eros sudah sangat mengenal siapa2 ‘gank pegangsaan’. Eros mendirikan Barong’s band justru sudah bersama Gaury dan Debby Nasution dedengkot gank pegangsaan itu! Tataplah dengan cermat pemuda gondrong dengan kacamata hitam itu, 80an banget, terlalu tampan untuk seorang anak band. Terlebih dari itu, nalurinya yang tajam telah ada sebelum ‘gank pegangsaan’ itu sendiri!

Bukan Eros bila hanya berhenti perhatiannya pada vokal Chrisye ‘gank pegangsaan’, diapun menunjuk kepiawaiannya menyusun tembang2 khusus yang hebat untuk Berlian Hutauruk. Tak pelak ‘Badai Pasti Berlalu’ semakin bertaburan ‘berlian’ dengan suara seriosa yang khas. Sungguh pilihan vokal perempuan yang berani ini menjawab tuntas tantangan Teguh Karya. Pada album musik film inilah nama Berlian Hutauruk semakin berkilau. Walaupun album ini jelas2 karya E & C & Y, seperti salah satu judul lagunya, namun emak kurang memperhatikan kenyataan ini, mungkin hanya karena kurangnya waktu, karena kenyataannya ada alasan lain yang kuat sehingga memilih lagu ini untuk mengalun di hari pengantin. Mungkin akan lebih jelas bila mendengarkan album ini secara utuh, khususnya ‘Baju Pengantin’ yang dinyanyikan Chrisye.

Liburan kemarin, obrolan ringan dengan paman sempat menyinggung apa yang kita sebut pada masa tanggung dulu dengan ‘Tony Banks’nya Indonesia, tak bisa lain, dialah Yockie Suryoprayogo!
Di mana musisi hebat, tidak ke mana2 tetapi ada di mana2 itu? Semakin matang, dewasa dan dengan rendah hati menyapa blogosphere lewat MPnya. Sedemikian merendahnya sehingga Wikipun kesulitan menulis diskografinya yang memang rumit itu dengan cermat, kelihatannya masih terus bermimpi untuk apresiasi musisi legenda hidup satu ini. Saking merendahnya sampai2 mbak atiek, kawan saya yang sekarang di Belanda, sesama saksi hidup musik tahun 70an di kota Malang, baru sadar kalau Yockie ini ‘arek Malang’ juga. Band Jaguar yang sering berlatih di markasnya, kawasan ‘alun2 bunder’ nan teduh, di sanalah ternyata langkah awal sebuah perjalanan besar sang musisi. Disini kembali dapat kita resapi, sebuah intro meremas rasa, tidak sampai 10 bar, lompatan2 nada dasar itu kembali ke nada dasar semula, sungguh cantik!
Ketika tiap musisi meniti ‘badai’ demi badai, badai apa lagi yang menghempaskan perkawinan Yuni Shara, sehingga penyanyi idola saya yang juga arek Malang ini menggugat cerai suaminya? Ah Yun, orang bijak memang berkata, kebijakan terburuk adalah tidak mengambil kebijakan. Apalah arti hari pernikahan yang dicari mempelai dengan demikian rumit? Bukankah ada hari ikrar tripartit
( suami, istri dan Tuhan) yang lebih barmakna dan dalam secara filosofi? Emak selalu mengingat 11 Februari 1979 untuk ‘tiga menguak takdir’ itu!

Badai terus mengalun hingga 16 Mei dua tahun berikutnya, sesungguhnya album ini memang untuk sang pengantin, sesungguhnya pelaminan meninggalkan dan menyongsong badai berikutnya! Di suatu weekend yang sejuk kemarin, angin yang lembut mengiringi segarnya gemericik air hiasan kolam taman, dimanakah ‘badai’ itu? Badai Pasti Berlalu, walau angin sejuk sepi itu adalah badai kesendirian! Dimana cucu yang sipit2 mbeling itu . . . kalau saja langkah2 kaki kecilnya mengiringi tenteramnya Muntilan . . . tentu ‘badai’ kesendirian ini akan lebih terasa indah . . 😉



Badai Pasti Berlalu
Berlian Hutauruk 1977
Ari Lasso 2007

Do = C
Intro :
C – – – – D – – – – – G
do re mi mi re si do re . .

– – – – – – Do = A#
– – – A# – – – – – – D#
mi re re – – fa sol la si do do si

– – – – – Do = G
– -D#7 – – – – – – – G
la se – – sol sol re sol la sol

Do = C
C – – – – – – Em – – – – – – – – A#
awan hitam di hati yang sedang gelisah
F – – – – – – – – -C
daun-daun berguguran
– F – – – – – – – – – – -C
satu-satu jatuh ke pangkuan
– -F – – – – – Em – – F – – – – G
ku tenggelam sudah ke dalam dekapan
– Em – – – – – Am
semusim yang lalu
– F – – – – – Em
sebelum ku mencapai
– – D – – – – – – G
langkah ku yang jauh

reff:
C – -D – – – – – G
kini semua bukan milikku
C – – -D – – – – – -G
musim itu tlah berlalu
F – – – -E – – – – – -A
matahari segera berganti
– -F – – – – – – C – – -F – – – – – – -C
badai pasti berlalu.. badai pasti berlalu..
– -F – – – – – – C – – -F – E – – – – -A
badai pasti berlalu.. badai pasti berlalu..

bridge :
F – – – – -Em – – – -G – – – – – C
gelisah ku menanti tetes embun pagi
– – F – – – -Em – – – – -D – – – – – G
tak kuasa ku memandang datangmu matahari

back to : reff

58 Responses

  1. Badainya tambah parah ya Pak?huhuhu..kalo saya lebih suka versi lama dari Badai Pasti Berlalu, dari pelem, aktor, aktris, sampe soundtracknya..lebih nendang..

  2. @ stey: busyet si stey . . . . makin lincah, kempling, kritis juga . . . 😛
    sukurlah anak muda masih milih yang lama . . . .
    bahasan inipun lebih menitik beratkan Badai Pasti Berlalu yang lama . .
    yang jelas yang baru ga ada intro manis oleh yockie s . . . . thanks stey.. 😉

  3. aduh oom, postingannya mantap betul **geleng-geleng takjub**

  4. huehuehue… tetep ada unsur “infotainment”-nya.😛
    btw, gank pegangsaan? hmmm… aku baru denger.
    eh, itu foto emak-nya tito dan chandra bukan?
    owww… jd mata lentiknya tito itu diturunin dari…
    *kabur sebelum dibaca tito*

  5. @ iway: hlah . . . tentu saja ini hanya dari perjalanan waktu yang panjang . .
    sebelum nanti daya ingat juga menurun dimakan usia . .
    musik2 yang sekarang nantinya kan juga diuji oleh waktu . . .
    ayo way . . . jangan kalah ma stey . . . . . 😉

  6. @ jumi: emang matanya tito lentik???? . . . . . ah korban infotainment atuh 😛
    hush . . itu foto emak tito kemarin . . . masa sama chandra???
    bener jum, gank pegangsaan wajib disatronin . . . . 😉

  7. “emak-nya tito dan chandra”…
    maksudku, ibunya tito dan ibu nya chandra.
    *ntar mas chandra cemburu lg kalo cm disebut “emak-nya tito”.. :D*
    bukan foto ibunya tito bersama chandra. hihihi…😛
    iya, matanya tito lentik.
    kata tito, waktu kecil dulu bulu matanya pernah dikeritingin sama orang tuanya.

    *HAP! nangkep sendal jepit ebess yg melayang*

  8. @ jumi: kan harus ada yang lebih kakak, biar bareng, nilla kan kakaknya nike . . . emang di tempatmu ga begitu? di tempatku aku dipanggil papa tito . .
    klo tito ngomong ngawur gitu . . . pasti lagi mabuk . . . 😛

  9. liburan kmrin gimana bes? aku maluu lha kok ditelpon dan disuruh nyusul sama budhenya si mbeling itu?? emak juga kok tahu aku lg di jogja? kan jd nda enak bess, hehehehehe

  10. wah…kemana aja Bes?🙂

  11. @ gita: namanya juga pada kangen git, maapin ya 😛

  12. @ evi: tetap cuman sekitar jogja aja kok dok 🙂

  13. BPB versi asli: itu yang paling enak. Sejauh ini begitu. Dari sisi potret zaman — termasuk teknologi rekaman — apa yang mereka lakukan adalah lompatan. Bayangkan, 30 tahun lalu.

  14. @ paman: klo saja paman tertarik nulis 😛

  15. om ebess… maapken daku yah, maapkanlah sayang…!!!
    klo dah lama tak berkunjung, coz malem inih daku baru bs
    login lg ke blogku gituh…🙂

  16. haduhhh… salah lg, blogku yg di http://www.lovedago.blogspot.com maksudnya… bukan yg di wordpress…

  17. haduuuhhh… salah lagih, maksudku td blog yg di blogspot gt… :((

  18. @ nibiru: ok sayang . . . . . selalu ada maaf untuk anak muda yang kreatif . . . . memang ngapain aja seeeeee . . dasar . . . 😛

  19. *geleng2* Ebess emang hebat, diskografinya. Iya, kapan2 boleh dong kasih lirik sama kuncinya lagunya Gank Pegangsaan, saya masih SD waktu itu, tapi saya udah suka lagu-lagunya…
    Boleh ya, bess………….

  20. @ maya: hai . . . . . aku baru tau pengetahuan musikmu bagus juga ya may . .
    . . pada masanya, jarang lho yang tau gank pegangsaan . . .
    . . walaupun sebenarnya mereka tidak lain ya Nasution bersaudara . . .
    . . klo dah ngikuti keenan nasution sejak guruh gipsy, LCLR, nuansa bening
    . . ya berarti dah tau gank pegangsaan

  21. Nuansa bening…
    ah… indahnya….

    ……Kini, terasa sungguh, semakin engkau jauh…. semakin terasa dekat
    akan kukembangkan kasih yang engkau tanam, di dalam hatiku…….

    serasa…🙂

  22. badai pasti berlalu

    jadi tetap semangat!

  23. Marga T, jadi inget masa2 remaja dulu suka ngendon di kamar dikira belajar jebule baca novel😀

    gang pegangsaan si keenan Nasution itu ya?? di upload tho bess

  24. @ kenny: lho . . . . di MPmu kan sudah ada to . . . . . .
    . . . iya , kapan ya bisa upload keenan nasution . . . .
    . . . *gayamu maca novel marga t keennn . . . . paling ya stensilan 😛

  25. Ahhhh…. lagu ini menyemangati bahwa nantinya bangsa ini pasti lepas dari badai… Beneran sedih… tapi capek juga mo ngomongin terus… karna gak bisa juga berbuat apa2…

    Sama dengan blog aku… yg digangguin melulu… semoga habis ini badai juga berlalu dari blog itu…, hihihihi… egois banget ahhh kesannya… dasar perempuan ndak punya empaty sama nasib bangsa…😦

    Sooo, habis ini mo ceria lagi ahhh… no more menye2… betul gak kangmas???

    Selamat menyongsong malam, semoga rembulan bersinar cerah malam ini😀

    Silly

  26. @ silly: di wajahmu kulihat bulan sill 😛 tp sekseh 😉

  27. saya setuju sama kenny…. Di Up Load to Bess!!!
    Gank Pegangsaannya………

  28. @ maya: ddwwwooooohhhhhh . . . putri solo . . . . . . . .
    . . . . . . . emang dah pernah ke cikini . . . 😛

  29. Waduuuuuh…….Berlian Hutauruk itu ndak ada gantinyaaa…………lagu itu bernyawa sekali jadinya……

  30. emang musti ke Cikini dulu yah?
    Tapi kalau ngomongin soal “yang dulu” sama “yang terkini”, entah itu lagu, musik, syair, film, aktor, aktris… besutan yang lama2 itu juauuuh lebih OK dari yang sekarang banyak beredar.
    Kalau nurut saya sih, bagus aja kalau sekarang film sama musik Indonesia bisa menjadi raja di negeri sendiri, tapi kualitasnya dong, yang dulu kayaknya lebih Ok, dari segi akting dari para pemain juga, jauh deh….

    tapi ini menurut saya lho….

  31. @ endang: lha pas iku ndang . . . . . anakmu ‘les’na vokal . . . !
    . . . ojok koyok penyanyi sak iki akeh sing karbit2an
    . . . mosok ibuk’e thok sing ngerti musik apik . . . 😛

  32. kasetku sing kelir ijo iku ilang…mbokne anc*& sing nyolong😦

  33. dadi kelingan jaman kemana-mana nenteng walkman. *rodo nggaya sithik*

    waktu itu, karena saya suka dengerin BPB (versi baru), saya dianggap aneh. cah nom kok selerane tuwek, jare kancaku. hehehehe

  34. @ cak hedi: wah gak misuh ae rupane wis sangar 😛

  35. @ cak ipul: woooo . . . iku termasuk rahasiane awet enom ya . . 😛

  36. kayaknya dinyanyiin lagi sama rombongannya audi dan andi riff apa yak? hiks…lupa ndengerin sekilas….

  37. @ oon: bener . . . audi dan andi riff masuk rombongan . . . eh, ini sih gerombolan, lengkapnya sbb :

    1. Badai Pasti Berlalu – Ari Lasso
    2. Merpati Putih – Astrid
    3. Pelangi – Glenn Fredly
    4. Semusim – Junno & Raihaanun
    5. Khayalanku – Paul T5
    6. Baju Pengantin – Marshanda
    7. Cintaku – Lucky Octavian
    8. Matahari – Nindi
    9. Mengejar Cintaku – Andi /rif
    10. Merepih Alam – Audy
    11. Serasa – Ello

  38. jadi inget jaman dulu waktu berlian hutauruk sering muncul di tvri, ck,ck… kok nggak pernah capek ambil nada tinggi terus yak..?!

  39. @ mpokb: wah jangan2 sekarang suara mpok dah kek berlian 😉

  40. yeaaaaaaahhhh BPB mantap bess

    MSAS lebih mantap huhuuhuhuhuhuhuhu

    setelah ngebaca BPB versi Jsop skrg membaca versi Ebess dewe… top abissssssssssssssssssssssssss

    Badai Pasti Berlalu… indonesia pasti berlalu.. loh???

    *dirajam Ebess*

  41. @ mbah’gandhi’sangkil: selamat mbah . . . . gimana, sehat2 aja ya?!
    . . tetap ati2 lho mbah . . cuacanya endonesa ini tidak menentu . .
    . . gak usah aeng2 . . . . . tetap waspada bahaya2 laten . . . .
    . . mbah . . . hoooiiii . . . mbah! . . . lho . . . wis turu arek iki . . 😛

  42. ah jadi kangen ama gang pengangsaan

    gimana, sedang badai-kah disana ? disini hujan😀

  43. @ mercuryfalling: seperti biasa . . . . . endonesa . . . .
    . . tidak menentu . . . . lagi rame demo . . .
    . . 3 hari lalu malem2 tiba2 hujan deras . . . . 😛

  44. film maupun lagu badai pasti berlalu dari versi dulu sampai sekarang aku gak tertarik tuh. Bes, yang di postinganku itu pacar zaki beneran lho, gak pacarnya siwi, jadi sedih nih😦

  45. @ zakiyah umami: hlah . . . tenang zak . . . . .
    . . ya nggak mungkinlah siwi punya cowok cakep gitu . . . 😛
    . . kemaren aja lagi deket ma mbah2 . . . ya wii . .
    . . *badai pasti berlalu . . . . he3

  46. iyo iki cuaca endonesah lagi gak bagus

    pindah piye? opo gawe negara dewe?

  47. Selamat pagi kangmas, apakah badai sudah berlalu???… sepertinya belum yach…

    Pagi ini, mari berdoa buat bangsa ini yooookkkk, semoga “cawan pencobaan” ini boleh berlalu dari hadapan bangsa kita, terutama rakyat kecil…

    (tapi memang bukan kehendak kita yg jadi melainkan kehendak-Nya… kita hanya bisa bedoa dan berharap)…

    yang sedang prihatin sama anak2 negeri ini…

    Silly…

    PS: Jgn ikut2an prihatin/sedih… Yuk, kita isi hidup kita hari ini dengan counting our blessing. Selamat hari senin, semoga sepanjang minggu ini menyenangkan buat semua…😀

  48. @ silly: met pagi juga silly . . . . pagi sekali . . . cantik sekali . .
    rajin sekali . . duh sak umur2 gak ada yang panggil aku kangmas . . 😉
    dasarnya anak bungsu sill, wah dah meraba maksudku ya . .
    yang tua akan mengatakan ‘badai’ adalah battle for survival . .
    badai akan selalu ada seumur hidup . . .
    yaaa . . . “cawan cobaan” itu akan selalu mampir dalam hidup kita ..
    nempel2 di bibir malah . . . he3, ini baru yang jenis merayu . . .
    ada yang jenis memaksa . . dengan kekerasan . . ga pake akal dan hati . .
    berdarah-darah secara fisik . . itu primitip . . . biadab . . .
    semoga kita dapat selalu mengatasi segala macam badai ini . .
    sapamu pagi ini membangunkan semangatku . .
    menyongsong badai2 yang tersisa . . . . .
    terima kasih Tuhan . . . hanya berkatMu yang tak berkesudahan . . .

  49. Gank Pegangsaan…
    Kangen Oom Keenan…

  50. iyah . . . dah lama karya keenan ga mampir ke telinga mak . .
    masih mikir gimana lagu2 80an yang langka begitu
    bisa hadir lagi . . . 🙂

  51. Wah, lama gak bertandang, tiba-tiba udah ganti lay out nih…..
    makin seger aja bapak kita ni…..

    semoga sehat sekeluarga🙂

  52. lama banget gak mampir kemari dah ganti layoutnya….
    Makin keren dan seger aja nih…

    semoga sehat sekeluarga

  53. lagu matahari juga keren banget mas!

  54. @ KW: inilah lagu2 o.s yang total, hebatnya eros 🙂

  55. monggo mampir lagi ….

    jangan kapok …🙂

  56. sebenernya dihati para anak muda sangat mengagumi lagu2 versi lama(nostalgia) karena sejuk dihati cuma rasa ingin menumpahkannya sangatlah sulit dikarenakan lagu2 modern yg merajalela

  57. hey mn yuri slara i love you

  58. buat semuax gmn kbrx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: