PadaMu Kubersujud, Afgan

Satu lagu religi dari Afgan, PadaMu Ku Bersujud. Fenomena dalam fenomena, jazzy sendiri masih langka untuk menelikung lagu2 grup band, tapi Afgan melaju dengan menggenggamnya serta, dalam balutan lagu religi islami yang jazzy. Ide brilian yang tepat untuk penyanyi brilian yang langka. Maka klo semalem Afgan menang untuk berbagai katagori, jangan heran, lha wong yang nggak paham panitianya . . . kasihan yaaa😉

Tikungan2 dalam lintasan jazzy hanya dikenal setelah mendengarkan oleh mereka yang akrab dengan musik jazzy. Harus begitu? Afgan telah membuktikannya! Ketika anak muda lain ribut dan sibuk memburu lagu2 Rio Febrian, Glenn Fredly, Marcell Siahaan, Tompi, dll. Afgan telah menjadi kolektor dan akrab dengan lagu2 jazzy John Legend. Di sinilah Afgan tidak pernah silau dengan nama besar, tampilan keren penyanyi top.

Untuk musik jazzy, Afgan menggunakan telinga, bukan matanya, Afgan telah bisa mendengar apa yang baik untuk dilantunkannya dengan talenta musik yang demikian jazzy.Memori musik manusia bagaikan folder khusus untuk musik, terserah kita mau diisi musik apa, selain musik juga bisa, tetapi pengantarnya harus musik. Ketika dahulu mendengarkan satu musik dengan tidak terlalu serius, maka pada saat lagu itu terdengar kembali setelah sekian tahun, yang terlintas adalah kenangan dahulu pada saat pertama kali lagu itu terdengar.

Afgan mengasah talentanya dengan efektif dan efisien, dia menjejali segala macam lagu untuk menyusun kamus musik yang lengkap dalam dalam folder memorinya. Sehingga ketika Afgan harus berbahasa, melantunkan lagu jazzy, improvisasi, Afgan tahu mana nada bahasa musik yang benar, indah dan harmonis. Improvisasi adalah aransemen lagu secara spontan, jelas tidak sembarangan. Mereka yang folder memori musiknya relatif kosong, jenis musik terbatas, tentu saja akan sulit berimprovisasi dengan merdu nan harmonis.

Bila lintasan dan titi nada adalah kehidupan, maka jangan heran para pembalap Formula 1 mengkritik penampilan liar Lewis Hamilton di sirkuit Monza, Itali, hujan kemarin. Ya . . harmoni mudah diucapkan, sedikit rumit dipikirkan dan . . . sangat mustahil dipahami oleh mereka yang mengangap musik sebagai media hura2 saja. Ketika di blogosphere saya menemukan Singers Unlimited, bukan main, serasa ingin ngeblog 1000 tahun lagi! Sayang memang, blogosphere demikian banyak me’ndobos’kan musik, tapi berapakah blog yang bisa menghadirkan musik? Lha wong tikabanget yang punya gelar baru, putri plurker di lintasan baru saja sambat koneksi sering lelet.

Manajemen melintas memang menjadi penting, adalah Valentino Rossi yang tidak menyukai lintasan basah Indianapolis, namun dengan harmonis dia bisa membawa diri di antara pesaing2nya. Emak menandai lintasan lagu dengan chord A pada nada dasar C terdengar manis harmonis, dan Afgan melakukan itu dengan manis pula. Lihat refrain lagunya “PadaMu Ku Bersujud” di bawah ini, Chord A dilintasi dengan melalui Dm Am E , tanpa harus pindah nada dasar seperti biasanya, inipun sudah manis! Semanis gadis yang diajaknya pada suatu kesempatan. Kita perlu belajar menangkap cantiknya keharmonisan itu sendiri, nada minor juga boleh, tapi jangan yang fals. Jagalah hati, selamat mempersiapkan diri menyambut Lebaran dengan sebaik-baiknya . . .🙂


PadaMu Ku Bersujud, Afgan
Do = C ( sama dengan nada pada MP3/play & download )

Am
Ku menatap dalam kelam
– F – – – – – – – – C
tiada yang bisa kulihat
– Dm – – – – – – Am – – – E
selain hanya namaMu, ya Allah

Esok ataukah nanti
ampuni semua salahku
lindungi aku dari segala fitnah

ref.
A – – – – – – – – -Dm
Kau tempatku meminta
G – – – – – – – -C
Kau beriku bahagia
– F
jadikan aku selamanya
– -E
hambaMu yang selalu bertaubat

– A – – – – – Dm
Ampuniku ya Allah
– – -G – – – – – – – C
yang sering melupakanMu
– F
saat Kau limpahkan karuniaMu
– E – – – – – – – – – A
dalam sunyi aku bersujud

43 Responses

  1. aduh . . . lama gak posting . . dah banyak yang lupa . .
    saya masih belum bisa menjadi blogger yang baik . .
    dengan ini pemilik blog ini mengucapkan
    . . maaf lahir dan batin . . . . 😉

  2. Maaf lahir dan batin juga Ebess.

    Sepertinya Ebess begitu mengagumi Afgan ya? Tapi anak muda yang satu itu memang hebat ya Bess. Ebess tidak tertarikkah menciptakan lagu untuk dinyanyikan Afgan?

    Btw, kapan posting Tohpati, Bess?

    *tersenyum manis sembari menyodorkan kopi untuk Ebess*

  3. @ dian : sayalah pengagum merahitam . . .😉
    saya masih selalu grogi orang membahas ilmu yang saya sukai ini . . padahal masih ingin tahu banyak tentang novel dari merahitam . . . ffffhhh, Afgan saya tulis karena situasi dan kondisinya saja yang tepat . . . dan Afgan memang fit and proper . . .🙂

  4. aah itu yang digambar..afgan sama sapa tuh..gak rellaaaa

  5. woh… wakakak..
    sayah putri plurker???

  6. Bes… aku punya pacar baru Bes…

    namanya (Mas) Maxsurf…

    kenalan doms Beeesss…
    😳

  7. @ika : aku sendiri nggak tau itu . . . masa Afgan ma tuh cewek nggak serasi seeee . . . trus Afgan mo suruh ma sapa . . situ? ya kenalan dulu sono . . usaha2😉

    @tikabanget : wooooo situh putri plurker ituh tohhhhh😛

    @siwi : yang penting ini yang terakhir dan chiw bahagia hahahahahahahaha . . . . getooooooooooo 😉

  8. Afgan nggandeng siapa ? halah…sing tak komen kok gak penting blas…maap lahir batin yo Bess…

  9. sehat kan Bess?? Sudah lama banget saya selalu berkunjumg… tapi gak nemu2 tulisan baru. malah komen2 singkat di klinik si mbelink itu….
    senang saya…..
    Hm…. afgan ya? saya gak gitu nyimak tapi lagu ini emang Ok …

  10. klo aku nyanyi kedengarannya fals dudu salahku bess, tapi kuping sing ngrungoke gak beres😀

    maaf lahir batin jg bees, kemana saja kog sempat ngilang tanpa meninggalkan jejak.

  11. tas ngerti aku, bes…
    ternyata antara Afgan, Lewis Hamilton, dan Valentino Rossi itu bersaudara.😀

  12. wahhhhh… aku kalo kacamatanya pinjem afgan mirip afgannn hahahah

  13. Waaah, mas EbeSS kemana aja nih……

    Mahan lahir batin juga mas, gimana puasanya?

    OOT: Iyaaa, mama itu kera ngalam😀 hehehehe. Udah lama gak mudik kesana, mas….

  14. huks,
    kapaaan yo beSS aku rekaman ^^

  15. aku lagi seneng tu john legend. Pertama kali dengar di kereta waktu harus ke presentasi ke Bandung tahun kemaren. Ordinary People bagus. Malah aku ga apal lagunya afgan, wakakakak.

  16. Bess……kemane aja?
    afgan emang top markotop, apalgi lagu ‘Sadis ‘ itu….
    yg ciptain juga topbgt, Bebi Romeo hehehe…..🙂

  17. bener dok, ini ada bonus lebaran dari Afgan “doa berpuasa” :
    http://www.4shared.com/get/64091413/516d62d2/Afgan_-_Doa_Berpuasa.html
    benar2 jenius, pinter sekali dia menyimpan kepiawaiannya, tidak terjebak kesombongan umumnya anak muda, dia melafalkan bahasa dan musik dengan improv minor khas timur tengah, fasih, harmonis.
    semoga puasa yang tinggal beberapa hari semakin khusuk dengan alunan merdu Afgan ini . .😉
    *ini semacam ringtone yang langka dari Afgan . . !

  18. @ tito :
    ngomong apa se le, oooo seneng john legend barang, ben diarani koyok afgan . . 😛 kasep le . . . lha wong dah terkutuk jadi dokter hewan . . .😛 . . . 😛

  19. Aku suenenggg lagu iki Pak. Maaf lahir batin yho Pak, jarang sambang mrene….

    engko bengi InsyaAllah aku mudik , dungakne slamet yho Pak, suwun

  20. @ vivink
    uaduh anak wedhok sing ayu dewe . . .
    aku sak brayat kabeh ya njaluk sepura ya nduk . .
    iya tak dongakna slamet kabeh sampek bojonegoro . .
    sungkem kagem keluargamu kabeh . . . 🙂

  21. oh ini toh yg namanya afgan….itu ceweknya ya ? masih kecil kayaknya lbh cocok kalo pakai baju yg sesuai dg umur hikhikhik ah tapi jaman udah berubah ya.

    maap lahir bathin

  22. Sy hax ingin ucapin met idul fitri mhon maaf lahir dan batin 1429 H.

  23. mohon maaf lahir dan batin juga ebess, sudah lama tak mampir di mari.. saya kurang paham afgan. tapi saya suka novel “kite runner”.. lho?😀

  24. Maaf lahir Bathin….
    Semoga kita semua dikaruniai kesehatan, kebahagiaan dan keselamatan

    AMIN!!!

  25. EBESSSSSSSSSSSSS!!!!!!!!!!!!!!! HOOOOOOYYYYYYYY
    Panjeneganag ke mana sajakah?

  26. EBESSSSSSSSSSS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Panjenengan ke mana sajakah??!!???

  27. Ebessssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. Kakehan ngepLurk, bLog e ditinggal no kih (angry)

  29. wah seu bos… ada cord gitarnya juga

  30. @ mercuryfalling, ipur, mpokb, mayssari, ale, ario . . . :

    wakakakakak . . yah maap . . sayah kok jadi plurk addict . .
    ketularan tikabanget.com . . . *ngeles* . .😛

  31. plurk….

    apdet, pakde!!!

  32. EBESSSSSSSSSSSSSSS!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    UPDET THOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

  33. EBESSSSSSSSSSSSSSS!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    UPDET THOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

  34. oi..apdet oii!

  35. Wah, perpaduan gambar dan tulisannya menarik sekali, Pak…
    Gitu kok bilangnya belum bisa menjadi blogger yang baik😛
    Manurut saya ini adalah sebuah pengemasan tulisan yang sangat bagus dan mantab…

  36. kapan apdet Bes?
    😎

  37. hai…………..
    i L U

  38. Kpn apdt ni…………..

  39. i loveeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee afgan

  40. Afgannnnnnnnnnnnnnnnnnn……………..!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Aq ngefans bangat sama kamuuuuuuuuuuuu
    kapan neeeeeeeeeeee kamu mau ke Bekasi ????????????
    tapi di pup sektor 5 yaaaaaaaaa…………!!!!!!!!!!!!!!!!
    Kapan juga neeeeeeeeee album ke-2 yaaaaaaaaaa ???????????????
    Aq tunggggggggu yaaaaaaaaa

    I love Afgaaaaaaaaaaan

  41. AFGHAN KAMU

  42. kalau ada kamus musik digital tolong krim ya infonya ke email: zulendumai@yahoo.co.id

    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: